Rabu, 18 Maret 2015

Jalan-jalan ke curug di Kabupaten Subang



1.         Curug Goa Badak
Ciater merupakan salah satu tempat rekreasi yang cukup banyak diminati orang. Pada umumnya tempat yang dijadikan tujuan wisata adalah perkebunan teh yang terhampar mengikuti kontur pegunungan bak permadani hijau serta pemandian air panas. Sebenarnya ada tujuan rekreasi yang tidak kalah menarik dan relatif lebih alami adalah curug atau air terjun.
 Salah satu curug yang patut dikunjungi adalah Curug Goa Badak. Berada di lokasi bumi perkembahan (camping ground) Capolaga, Ciater. Secara administratif lokasi tersebut berada di Desa Cicadas, Kecamatan Segalaherang, Kabupaten Subang. Jalan masuk dari arah Bandung adalah di simpang jalan Ciater, ambil jalan sebelah kiri yang relatif lebih sempit dan merupakan jalan alternatif ke Kecamatan Segalaherang. Ikuti jalan hingga persimpangan, belok kiri dan kembali lurus. Jalan menuju lokasi sempit, hanya sedikit menyisakan ruang bagi mobil yang berpapasan. Kondisi aspal jalan kurang baik sehingga beberapa kali harus berjalan pelan karena menghindari lubang yang cukup lebar.
Bumi perkemahan Capolaga masih sangat alami sehingga sangat cocok untuk tempat perkemahan. Setelah membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang kita melalui jalan tanah lalu ada melewati jalan tangga  lengkap dengan pegangannya. Menuju ke bawah tidak begitu tinggi sehingga tidak begitu melelahkan.
 Curug Goa Badak tidak tinggi, hanya sekitar 10 meter. Meskipun demikian air yang mengalir cukup deras dan jernih. Dinamakan Curug Goa Badak, karena mengalir dari sela – sela batu besar di atas mulut gua yang cukup besar (guha badak dalam Bahasa Sunda). Selain itu ada lagi gua di dekat curug yang tidak besar, konon kabarnya tembus ke tempat lain di sekitar Ciater. Wallahu alam
 Air yang sangat jernih, sejuk, sangat menantang untuk mandi. Aliran dari curug kemudian membentuk sungai kecil yang cukup jernih. Lingkungan sekitar curug sudah ditata sedemikian rupa dengan mempertahankan keaslian alamnya.  Bagian limpahan air dari curug dengan airnya yang jernih segar ditambah dengan batuan ukuran sedang sangat enak untuk memasukkan kaki ke dalam dan berjalan-jalan di tempat tersebut. Di area sekitar Curug Badak cocok untuk tempat berkemah.

2.         Curug Sawer
Curug Sawer berada di tengah perjalanan antara Curug Goa Badak dengan Curug Karembong. Letak lokasi dekat dengan jalur lintasan dan mudah dillihat sehingga bisa mampir melihat curug ini. Ketinggian curug sekitar 20 m dengan debit air yang tidak begitu deras, seperti cipratan air (sawer). Pemandangan curug ini memang tidak begitu istimewa, namun dengan tempat – tempat duduk yang disedikan dekat curug, cukup nyaman melepas lelah sambil menikmati pemandangan curug. Jarak dari Curug Goa Badak ke Curug Sawer sekitar 400 m.
3.         Curug Karembong
Dari Curug Goa Badak, perjalanan diteruskan ke Curug Karembong. Jarak dari Curug Goa Badak ke Curug Karembong sekitar 1 km. Medannya relatif datar dimana kita berjalan di sisi sungai kecil  yang merupakan aliran dari Curug Karembong. Di pejalanan kita mendapati shelter, lumayan untuk beristirahat melepas lelah. Letak shelter yang menghadap sungai kecil dan pepohonan sekitarnya memberi kesejukan dan kenikmatan tersendiri. Oya jangan lupa, selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Sangat disayangkan, alam yang asli, asri dan sejuk ini terkotori oleh sampah – sampah kemasan plastik.
Curug Karembong mempunyai ketinggian lebih dibandingkan Curug Goa Badak, yaitu sekitar 30 m. Debit airnya pun tergolong deras. Bentuk air terjunnya agak unik yaitu landai dan sedikit meliuk dengan alran air seakan seorang penari yang sedang membungkuk. Air yang keluar dari sela – sela tebing dan batuan tebing warna hitam memberi kesan pemandangan yang sangat indah.
 Airnya pun sangat jernih dan segar, sayang sekali kalau tidak mencoba walau hanya sekedar basah – basahan. Dengan debit air yang tidak langsung terjun vertikal sehingga tidak membahayakan. Demikian juga kolam airnya yang tidak dalam sangat cocok  untuk bermandi ria. Tapi harus tahan dingin...brrr....brrr....

1 komentar: